- ubah ukuran stage 550 x 500 pixel2. layer 1 ubah menjadi background, insert layer lagi ubah menjadi objek, insert layer lagi ubah menjadi action. Jadi semua ada 3 layer.3. Buat background di layer background frame 1, dengan menggunakan rectangle tool tanpa warna stroke color, ubah ukuran rectangle sama kan dengan stage yaitu 550 x 500 pixel, ubah warna bebas (contoh biru). Insert keyframe di frame 15 layer background4. Pada frame 1 layer objek buat teks GAME PUZZLE, NAMA : , dan USIA : dengan menggunakan teks tool (Static text) sesuaikan posisi sesuai keinginan.5. Buat teks lagi dengan model input text dan menggunakan show border around text ubah di jendela properties, baut dua. Posisikan di samping NAMA : , dan USIA :6. Ubah var di jendela properties untuk input text NAMA : menjadi Nama, lalu untuk USIA : menjadi Usia7. Lalu buat tombol Start, lalu klik kanan pada tombol pilih Convert to symbol, ubah type menjadi button lalu OK8. Klik kanan pada tombol start lalu pilih action ketikan on (release) { gotoAndPlay (2) ; }9. Klik kanan frame 1 layer action pilih action lalu ketikkan stop () ;10. Klik kanan pada frame 2 layer action pilih action lalu ketikkan stop () ;11. Klik kanan pada frame 2 layer objek pilih insert layer, lalu import sebuah gambar dengan cara file >> import >> import to stage.12. jika sudah muncul lalu perkecil gambar dan sesuaikan13. potong gambar sehingga menjadi kotak - kotak kecil (contoh menjadi 6 bagian), sebelum dipotong break apart gambar terlebih dahulu 1x. agar potongan sama rata gunakan grid. dengan cara pilih view >> show grid. jika grid terlalu besar atau kecil bisa di edit dengan mengubahnya di edit grid, lalu paskan gambar dengan grid tersebut, lalu potong gambar, jika sudah matikan grid. caranya sama dengan cara mengaktifkan grid14. copy paste gambar dengan sehingga menjadi 2 gambar yang telah terpotong15. Sesuaikan posisi gambar 1 dan gambar 216. Pada gambar 1 dan kotak kecil pertama klik kanan convert to symbol dengan type movie clip lalu ok, pada gambar 1 dan kotak kecil kedua klik kanan convert to symbol dengan type movie clip lalu ok, lakukan sampai kotak ke 6 gambar 1.17. Pada gambar 1 kotak kecil pertama ubah instance name menjadi satu di jendela properties, lakukan sampe kotak ke 6 pada gambar 118. Lakukan seperti langkah ke 16 pada gambar 219. Pada gambar 2 kotak kecil pertama ubah instance name menjadi target1 di jendela properties lakukan sampe kotak ke 6 pada gambar 220. Baut kotak kecil dengan menggunakan rectangle tool, tanpa fill color dengan warna stroke color bebas, kotak kecil ini berfungsi jika kotak/puzzle yang salah maka akan muncul/pindah pada kotak kecil ini21. Klik kanan pada kotak kecil lalu convert to symbol dengan type movie clip lalu OK, ubah instance name dengan nama sampah22. Klik kanan pada layer objek frame 2 pilih action lalu ketikkan :Stop();Score=0;For (i = 1; 1<=25; i++) {Set(“kontrol” + I, true); }xawal =satu._x;yawal=satu._y;satu.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };satu.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target1){this._x = _root.target1._x;this._y = _root.target1._y;score +=10;if (kontrol1) {kontrol1 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;}};xawal = dua._x;yawal=dua._y;dua.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };dua.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target2){this._x = _root.target2._x;this._y = _root.target2._y;score +=10;if (kontrol2) {kontrol2 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;} };dua.onReleaseOutside = function(){this.stopDrag();this._x = xawal;this._y = yawal;};xawal = tiga._x;yawal= tiga._y;dua.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };tiga.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target3){this._x = _root.target3._x;this._y = _root.target3._y;score +=10;if (kontrol3) {kontrol3 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;} };tiga.onReleaseOutside = function(){this.stopDrag();this._x = xawal;this._y = yawal;};xawal = empat._x;yawal = empat._y;empat.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };empat.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target4){this._x = _root.target4._x;this._y = _root.target4._y;score +=10;if (kontrol4) {kontrol4 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;} };empat.onReleaseOutside = function(){this.stopDrag();this._x = xawal;this._y = yawal;};xawal =lima._x;yawal=lima._y;lima.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };lima.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == targett5){this._x = _root.target5._x;this._y = _root.target5._y;score +=10;if (kontrol5) {kontrol5 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;}};xawal =enam._x;yawal=enam._y;enam.onPress = function(){this.startDrag();this.swapDepths(1); };enam.onRelease = function(){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target6){this._x = _root.target6._x;this._y = _root.target6._y;score +=10;if (kontrol6) {kontrol6 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;}};xawal = sampah._x;yawal = sampah._y;sampah.onPress = function(){this.starDrag();thisswapDepths(1);};sampah.onRelease = function (){this.stopDrag();if (eval(this._droptarget) == target6){this._x = _root.target6._x;this._y = _root.target6._y;score +=10;if (kontrol6) {kontrol6 = false;if (score == 60 ) {gotoAndPlay(“menang”);}}} else {this._x = xawal;this._y = yawal;}};23. Seleksi gambar 2 lalu klik kanan convert to symbol ubah type menjadi movie clip lalu OK, ubah color menjadi alpha 5%24. Pada frame 2 layer objek buat teks SKOR ANDA dengan menggunakan text tool25. Buat dynamic text untuk mengisi SKOR ANDA, ubah var menjadi score26. Buat teks WAKTU (static text)27. Buat dynamic text untuk mengisi WAKTU , ubah var menjadi time, lalu klik kanan convert to symbol dengan type movie clip lalu OK, klik kanan lagi pilih action ktikkan :onClipEvent (load) {time = 60;kontrol = 1;}onClipEvent (enterFrame) {kontrol++;if (control == 6) {control = 1;time--;if (time==0) {_root.gotoAndPlay(“Game Over”);}}}28. Copy paste teks (dynamic text) yang mempunyai var nama pada frame 1 ke frame 229. Klik kanan pada frame 3 layer objek lalu buat teks SELAMAT ANDA BERHASIL lalu buat langkah ke 28 ke frame 330. Buat button AMBIL HADIAH, ketikkan action on (release){ gotoAndPlay(5); }31. Klik kanan pada frame 4 layer objek buat teks MAAF ANDA BELUM BERHASIL COBA ULANG LAGI32. Lalu buat button ULANG GAME lalu beri action on (release){ gotoAndPlay(2); }33. Klik kanan pada frame 5 layer objec, buat tampilan hadiah pemenang.34. Copy frame 2 layer action ke frame 3 sampai 5 layer action35. Jika ada objek yang tertinggal cara menghapusnya ketiikan action pada frame 3 layer objekStop();removeMovieClip(satu);removeMovieClip(dua);removeMovieClip(tiga);removeMovieClip(empat);removeMovieClip(lima);removeMovieClip(enam);removeMovieClip(sampah);36. Lakukan langkah 36 pada frame 4 layer objek37. Lakukan langkah 37 pada frame 5 layer objek
Jumat, 02 September 2016
Membuat game puzzle
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar